KRITIK SENI RUPA LUKISAN MENCARI KUTU RAMBUT

 Kritik Seni Rupa
Lukisan “Mencari Kutu Rambut” karya Hendra Gunawan


Deskripsi
Deskripsi adalah satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

Deskripsi lukisan “Mencari Kutu Rambut”
Judul : Mencari Kutu Rambut
Dibuat : Tahun 1953
Ukuran :  84x65 cm
Pelukis : Hendra Gunawan
Media : Cat minyak pada kanvas
Lukisan karya Hendra Gunawan ini menampilkan 3 orang manusia yaitu, seorang ibu, anak perempuannya yang memegang wayang dan perempuan dewasa. Pada lukisan tersebut seorang anak perempuan memakai baju berwarna merah berambut keriting warna hitam memegang wayang kulit dan berkulit putih. Seorang ibu memakai baju berwarna putih memakai bawahan jarik berwarna coklat berambut lurus panjang warna hitam berkulit putih. Dan seorang perempuan dewasa dibelakangnya memakai baju biru dengan bawahan jarik berwarna coklat. Dibagian belakang terdapat pohon, langit berwarna biru dan awan putih.

Analisis
Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya
Analisis seni rupa lukisan karya “Hendra Gunawan”
Analisis sumber tema
Ditinjau dari tema nya lukisan ini mengangkat budaya jawa zaman dulu. Dapat dilihat bagaimana Hendra Gunawan mengungkapkan kebiasaan masyarakat jawa zaman dahulu dengan mencari kutu rambut secara turun-temurun.
Analisis berdasarkan unsur seni rupa
Garis
Garis lengkung: keseluruhan dari lukisan “Mencari Kutu Rambut” adalah berupa garis lengkung. Terdapat pada bentuk tubuh manusia, awan dan rambut.
Garis lurus: Terlihat pada pegangan wayang yang dipegang oleh anak kecil permpuan
Garis lancip: Terlihat pada sudut-sudut bentuk wayang.
Warna
Pada background terdapat warna gradasi biru muda dengan menambahkan warna putih pada awan, batang pohon berwarna coklat dan wayang berwarna coklat dan wayang berwarna coklat menambah kesan hidup dalam lukisan.
Tekstur
Tesktur pada lukisan ini adalah tekstur halus pada awan dan tekstur kasar pada bagian manusia. Pada lukisan ini didominasi oleh tekstur kasar.
Gelap terang
Cahaya pada lukisan tersebut muncul atau berasal dari sebelah kiri lukisan.
Bidang
Garis-garis yang tergambar dalam lukisan ini membentuk bidang gabungan.
Ruang
Gabungan bidang-bidang dalam lukisan membentuk volume 3 dimensi.
Analisis dari segi teknik pembuatannya
Dari segi teknik pembuatannya karya lukis ini dibuat dengan sapuan kuas pada kanvas dan dibuat dengan memunculkan kesan sederhana.
Analisis bentuk penyajian
Kelebihan: menampilkan suasana kekeluargaan adalah kelebihan lain lukisan ini. Dengan tolong menolong dalam hal kecil manusia dapat hidup nyaman, aman, tenteram, dan harmonis. Makna yang ingin disampaikan Hendra Gunawan adalah menunjukkan suatu kehidupan yang sesungguhnya dengan rasa saling membantu dan mengharagai sesama manusia.
Kekurangan: pada bagian background yang dibuat kurang menampilkan bahwa itu adalah kebiasaan masyarakat pedesaan. Padahal kebiasaan mencari kutu rambut biasanya dilakukan didepan rumah.

Interpretasi
Interpretasi lukisan “Mencari Kutu Rambut”
Interpretasi tema
Dilihat dari sumber tema lukisan, hal ini mengingatkan akan kebiasaan masyarakat Jawa pada zaman dahulu yang mencari kutu rambut. Hal ini terjadi karena orang-orang jawa di masa lalu secara tradisi biasa memelihara rambut agar tetap panjang. Dan pada masa lalu shampo untuk membersihkan rambut belum ada. Akibatnya kebiasaan mencari kutu rambut atau yang sering disebut dhidhis atau petan menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Bahkan orang yang dhidhis atau petan sering terasa ngantuk karena kepala diusap atau dielus menimbulkan rasa kantuk dan liyer-liyer. Dan kegiatan mencari kutu rambut juga berfungsi untuk membersihkan hewan kecil (kutu) yang hidup di kulit kepala, jika tidak dibersihkan akan berbahaya karena bisa menimbulkan penyakit antaralain; eksim, impetigo, pediculosis, capatis, kurang tidur, minder dan infeksi pada kemaluan.
Interpretasi garis
Garis lengkung
Garis lengkung mempunyai makna bahwa didalam garis lengkung terkandung atau memberi karakter ringan, dinamis, kuat, melambangkan kemegahan atau kemewahan, kekuatan,serta kedinamisan
Garis lurus vertikal
Garis lurus vertikal mempunyai makna stabilitas, kekuatan, atau kemegahan
Interpretasi warna
Gradasi biru
Warna biru melambangkan ketenagan, kedamaian, dan kasih sayang.
Warna coklat
Warna coklat bermakna kejadian, keras, persahabatan dan lain-lain
Warna putih
Warna putih bermakna kedamaian, spiritualisasi, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan dan cahaya.
Interpretasi tekstur
Tekstur kasar adalah permukaannya terdiri dari elemen-elemen yang berbeda baik corak, bentuk maupun warna. Pengolahan tekstur yang baik, maka tataruang luarnya akan menghasilkan kesan dan kulitas ruang yang lebih menarik.
Interpretasi gelap terang
Gelap terang adalah unsur seni rupa yang bergantung pada intensitas cahaya. Dalam karya lukisan ini unsur gelap terang dibuat berdasarkan gradiensi dan pemulihan warna yang ada dengan mengambil pencahayaan seolah-olah cahaya berasal dari kiri lukisan.
Interpretasi bentuk penyajian
Dalam lukisan”Mencari Kutu Rambut” dapat dilihat bagaimana Hendra Gunawan mengungkapkan apa yang dilihat seniman dalam kehidupan yakni, kebiasaan masyarakat jawa dahulu dengan mencari kutu rambut secara turun temurun. Menampilkan suasana kekeluargaan adalah kelebihan lain dari lukisan ini. Dengan tolong menolong dalam hal kecil manusia dapat hidup nyaman, aman, tenteram dan harmonis. Makna yang ingin disampaikan pelukis ingin menunjukkan sesuatu kehidupan yang sesungguhnya dengan rasa saling membantu dan menghargai sesama manusia.
Interpretasi bidang
Bidang gabungan sendiri memiliki arti gabungan dari berbagai bentuk garis. Dalam lukisan ini didominasi oleh bidang gabungan.
Kesimpulan
Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa lukisan “Mencari Kutu Rambut” karya Hendra Gunawan ini adalah beraliran Realisme karena lukisan ini menggambarkan kenyataan  yang benar-benar ada. Dengan penggambaran setiap sudutnya dengan tegas maka terlihat jelaslah kehidupan yang nyata atau kebiasaan sehari-hari dalam lukisan tersebut.
Evaluasi



Karya Hendra Gunawan



Karya Agus Bebek

Tabel perbandingan
No
Aspek penilaian seni rupa
Lukisan karya Hendra Gunawan
Lukisan karya Agus Bebek


Aspek ide atau gagasan
Mengangkat kebiasaan masyarakat jawa zaman dahulu
Menggambarkan sepasang bebek yang saling mengayomi


Aspek penguasaan teknis
Dibuat dengan sapuan kuas pada kanvas
Dibuat dengan teknik struck brush (sapuan kuas) pada kanvas


Aspek penguasaan bahan
Menggunakan cat minyak
Menggunakan cat minyak


Aspek kegunaan
Mengutamakan keindahan
Mengutamakan keindahan dan terlihat lebih nyata


Aspek wujud (form)
Memiliki proporsi yang bagus
Memiliki keseimbangan yang bagus


Aspek gaya atau corak
Bergaya tegas dengan sapuan kuas yang tegas
Coraknya terlihat lebih nyata


Aspek kreativitas
Kreativitasnya terlihat pada pemilihan objek yang tepat
Kreativitasnya dalam melukis objeknya nyata seperti foto


Aspek tempat
Bisa dipajang di ruang tamu dengan pemilihan tema yang ringan, cocok untuk di rumah
Bisa dipajang di ruang tamu karena keindahan yang ditampilkan cocok untuk menghiasi rumah


Aspek selera dan agama
Seniman berselera menganngkat topik yang ringan. Tetapi, mengena karena banyak orang dulunya melakukan hal itu
Seniman menampilkan objek yang mudah diterima mata dengan tampilan visual yang menunjukkan itu nyata


Berdasarkan kriteria penilaian seni lukis, lukisan sudah memenuhi kriteria penilaian sehingga lukisan “Mencari Kutu Rambut” bisa dikatakan memiliki kualitas bagus

Komentar

Posting Komentar